Senin, 19 Oktober 2020

Rahasia orang-orang keren dunia

 Self upgrade

Beberapa tahun silam, disalah satu pelatihan pengembangan diri yang pernah saya ikuti, Self upgrade adalah salah satu cara agar kita bisa jadi orang yang lebih berkualitas


Self upgrade maksudnya adalah mengembangkan diri sendiri jadi orang yang lebih baik lagi daripada diri kita sebelumnya. Self upgrade sendiri bisa terbagi dua.yaitu self upgrade tubuh agar lebih bagus dan sehat serta self upgrade otak agar punya lebih banyak skill, baik hardskill maupun soft skill.

Softskill bisa diartikan memperbanyak isi otak, contoh bisa bahasa asing, bisa public speaking dll


Hardskill bisa diartikan mempunyai skill yang bisa ditunjukkan, contohnya bisa main alat musik, bisa memperbaiki elektronik dll.


Saya sendiri sebelumnya cukup sering mengupgrade diri saya dengan materi-materi softskill seperti mengikuti kelas pengembangan diri itu, kelas leadership, ataupun motivasi, saya juga sering baca buku untuk menambah pengetahuan saya dibidang apa pun.


Karna saya merasa kurang banyak dihardskill, sekarang saya jadi memfokuskan untuk menambah hardskill pada diri saya. Saat menulis artikel ini saya sedang self upgrade dibidang desain grafis (untuk hardskill), untuk bidang ini saya tidak mengeluarkan uang sepeser pun, karna saya ikut pelatihan gratis untuk desain grafis ini. Selain itu saat ini saya juga sedang mengikuti kelas online tentang great leadership dan kelas public speaking (untuk softskill). Saya mengeluarkan lumayan banyak uang untuk dua kelas ini. Saya tidak pernah takut mengeluarkan uang untuk selfupgrade.


Prinsip dasar dari selfupgrade adalah jangan pernah lakukan self upgrade untuk terlihat keren atau agar dipuji orang lain, tetapi lakukan untuk dirimu sendiri, lakukan untuk membuat dirimu lebih baik, lakukan karna kamu mencintai dirimu sendiri, itu saja.


Entah kenapa saat hanya diam dan tidak kerjaan saya sering memikirkan tentang hal apa lagi yang ingin saya pelajari, dan ketika mencoba hal hal baru saya jadi lebih bergairah.


TERUSLAH BERKEMBANG,JANGAN PERNAH LELAH UNTUK SELF UPGRADE.


"tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat"

Tidak ada komentar: