Sabtu, 20 Juli 2019

Sudah bisakah memimpin dirimu sendiri ?

Leadership, suatu keterampilan yang sangat sangat penting untuk menunjang kesuksesan dalam berbagai lini kehidupan, terutama untuk kaum pria, karena pria terlahir sebagai pemimpin.

Banyak buku atau pun pelatihan pelatihan baik formal ataupun nonformal yang membahas tentang kepemimpinan atau leadership ini., tapi seberapa banyak peserta yang benar-benar sudah berhasil jadi pemimpin yang baik, terutama pemimpin untuk dirinya sendiri ?

Saya sendiri masih dalam tahap belajar dari beberapa buku yang saya baca atau pun dari pelatihan pengembangan diri yang pernah saya ikuti.

Salah satu pilar leadership adalah mengambil keputusan,. Namun, dalam beberapa kasus saya sering menemui orang yang tidak berani mengambil keputusan dalam hidupnya, seperti :
-Beberapa orang lebih memilih hidupnya diatur oleh orang lain, daripada mengambil keputusan yang tentunya untuk kebaikannya sendiri.
-beberapa orang terlalu banyak bertanya pendapat orang lain saat dia berada dalam beberapa pilihan, dimana dia tidak berani memilih karna takut salah.
-beberapa pemimpin suatu kelompok sering berkata  "terserah kalian" saat kelompoknya bertanya sesuatu.
-beberapa anak tidak berani berpendapat dan mangut mangut saja dengan apa pun pilihan orang tuanya yang seringkali bertentangan dengan kehendaknya.

Selain harus berani mengambil keputusan, pemimpin (khususnya pria) juga harus bisa mempertanggung jawabkan keputusan yang dia pilih.
Pada beberapa kasus saya sering menemui orang yang ketika menghadapi masalah yang padahal masalah itu ada karna keputusannya sendiri, dia lebih suka menyalahkan orang lain atas masalahnya tersebut, bahkan yang paling parah orang tersebut memilih kabur atau lari dari masalah tersebut.

Beberapa bulan yang lalu saat saya memutuskan berhenti bekerja, banyak pihak dari keluarga yang menentang keputusan saya, saat terjadi adu argumen saya pun dengan lantang mengatakan saya akan bertanggung jawab atas pilihan saya tersebut. Langkah saya selanjutnya adalah saya memulai berbisnis dan saat bisnis saya belum berhasil saya menghidupi diri saya dari tabungan yang sudah saya siapkan sebelum resign. Saya tidak langsung resign tapi mempersiapkan diri dulu berupa tabungan dan baca baca buku bisnis karna saya tau saya harus bertanggung jawab atas diri saya dan atas pilihan saya tersebut.

Pada akhirnya kesimpulan artikel ini adalah : "kamu ambil keputusan untuk dirimu sendiri, kamu harus tanggung jawab, jangan nyalah-nyalahin org apalagi lari dari masalah yang kamu dihadapi".








Tidak ada komentar: