Rabu, 27 Mei 2015

Bahaya Menulis Keluhan di Media Sosial



Disadari atau tidak, diakui atau tidak kita begitu mudah mengeluh. Kadang Kita merasa seakan-akan bahwa masalah yang saat ini kita hadapi adalah masalah terbesar di dunia. Padahal hal itu membuat diri kita selalu memancarkan energi negatif. Dimana sekarang ini orang yang selalu memancarkan energi positif sangat langka keberadaannya.

Setiap orang pasti memiliki masalah, baik pria atau pun wanita, hal ini karena kita pasti punya emosi. Tapi emosi kita tidak boleh dikendalikan oleh masalah yang kita hadapi ini. Jangan pernah mengeluh, marah, galau, menunjukkan kekesalan dan sakit hati ataupun menyalahkan orang lain. Jangan pernah melakukan hal tersebut dihadapan orang lain. (Baca postingan saya sebelumnya  “berbicara dengan tuhan”).

Dan juga jangan pernah status di facebook, twitter ataupun media sosial anda yang lain tentang masalah yang anda hadapi atau tentang betapa galaunya hidup anda, setiap orang yang membaca status anda akan jadi ilfeel pada anda karena hal ini menunjukkan kalau anda hanyalah orang lemah yang tidak bisa mengendalikan emosi.

Memang kita memiliki hak penuh untuk menggunakan dan memanfaatkan akun pribadi kita, tapi tidak kah seharusnya kita berfikir ada dampak-dampak negatif yang dihasilkan jika sering menjadikan akun pribadi sebagai tempat mengeluh. Hal ini tidak hanya akan berdampak negatif pada diri sendiri tapi juga pada orang lain.

Saya sendiri juga sering mengenal orang-orang yang suka menulis masalahnya dimedia sosial, dan saya juga (DULU) sering melakukan hal itu, setelah saya mengerti bahwa hal itu punya efek negatif saya hampir tidak pernah melakukannya lagi, terkadang saya tertawa sendiri mengingat status-status saya dulu dimedia sosial.  J

Ketika membaca status orang lain yang berisi keluhan dan sumpah serapah, terkadang saya merasa lucu dan saya tertawa melihat orang seperti ini. Hal paling saya ingat adalah saat teman wanita SMA saya menulis status di FB tentang sakit hatinya terhadap pria, hampir 30 menit dia menulis status Menyumpahi para pria dengan kata-kata yang tidak tersensor, karena merasa terganggu dan tersiggung terpaksa dia saya hapus dari daftar teman FB saya. J

Bahkan saya pernah tidak habis fikir saat membaca seorang anak menulis status menyumpahi orang tuanya.

Ketika kita mengeluh ada energi negatif yang merasuk pada otak, dan saraf akan meresponnya sehingga perasaan kita akan semakin kacau. Ketika kita menjadi badmood akan ada hal negatif lain yang  akan terjadi pada kita misalnya kita jadi malas, lebih emosional ataupun hal negatif lain yang akan memperburuk keadaan

Selain itu, Orang yang sering mengeluh akan terliht seperti orang yang tidak bersyukur dan putus asa. Orang lain akan memandang kita sebagai pribadi yang buruk karena tidak pernah bisa mengambil hikmah dan pelajaran positif akan hal yang terjadi pada dirinya. Sehingga bisa jadi satu per satu teman kita akan menjauh karena mereka menganggap kita orang yang akan membawa pengaruh negatif pada dirinya

Orang hebat adalah orang cool yang tidak pernah dikendalikan emosi

“APA YANG KITA TULIS DI MEDIA SOSIAL SECARA TIDAK LANGSUNG BISA MENJADI BAHAN PENILAIAN ORANGTERHADAP DIRI KITASENDIRI”

Orang Hebat yang Saya Kenal tidak pernah menulis masalah dan keluhan nya di status media sosialnya…!

End

Tidak ada komentar: