Rabu, 27 Mei 2015

Efek Negatif Lagu Galau



Lagu mempunyai kekuatan untuk masuk kefikiran dan ingatan manusia melalui lirik dan nadanya. Saat mendengarkan sebuah lagu banyak orang yang teringat tentang kejadian indah dan kejadian sedih di hidupnya. Bahkan tidak sedikit orang yang sengaja memutar sebuah lagu untuk mengingat kenangan kenangan masa lalunya.

Lagu bisa merasuk ke emosi seseorang, lagu adalah salah satu moodmaker palang hebat didunia. Dengan mendengar sebuah lagu kita bisa jadi lebih semangat, ceria, tersenyum atau pun kita bisa juga bersedih dan bergalau ria karena sebuah lagu tersebut.

Saat saya secara tidak sengaja membaca sebuah artikel tentang bahaya terlalu mendengarkan lagu galau. Saya langsung menghapus lagu-lagu galau di HP saya. HP saya hanya berisi lagu lagu yang penuh semangat dan memang ini berpengaruh positif bagi mood saya.
Saat teman saya meminjam HP saya untuk mendengarkan lagu dia hanya tertawa karena HP saya banyak lagu JKT48, sementara lagu galau yang ada hanya lagu OPick, itu pun lagu galau tentang dosa-dosa dan tentunya ini galau yg bersifat positif.

Biasanya saat seseorang sedih ataupun galau dia akan mendengarkan lagu galau, dan saat dia merasa KENA dengan lirik dari lagu tersebut, lagu itu akan diputar berulang-ulang. Dia merasa lagu itu cocok dan menceritakan  tentng kegalauannya saat ini, singkatnya LAGU INI AKU BANGET..!

Musik termasuk hal yang mudah masuk ke dalam alam bawah sadar, makanya sekarang banyak hipnotis yang menggunakan musik relaksasi. Lagu galau yang sering kita dengar berulang-ulang akan menjadi sugesti ke alam bawah sadar kita. Sehingga sadar atau tidak isi lagu-lagu cengeng tersebut akan mempengaruhi kehidupan kita, seperti kita jadi sering galau, kurang semangat atau pun depresi.Saat kita mendengar lagu galau, produksi hormon serotonin di otak jadi berkurang dan itulah yang menyebabkan diri bisa menjadi lebih sedih dan bahkan bisa jadi depresi.

Bukannya saya tidak suka lagu galau, saya sendiri terkadang juga bisa mendengarkan beberapa lagu galau, tapi tidak saya jadikan kebiasaan. Karena itu, Kalau kita ingin lebih bersemangat, dengarkanlah lagu inspiratif yang dapat membangkitkan rasa semangat dalam hidup. Lagu-lagu yang dapat membuat kita ingat akan tuhan atau meningkatkan rasa syukur..

End

Tidak ada komentar: